Responsive Ad Slot

Latest

latest

Mengenal Bahan Rajut dan Keunggulannya

2020/09/29

/ by Folknesia


Mengenal Bahan Rajut dan Keunggulannya

Hadir dengan berbagai warna dan juga motif, tren kain rajut atau Knitt Wear sepertinya sedang menjadi sorotan belakangan ini. Selain nyaman saat digunakan, rajut juga cocok untuk dijadikan fashion item guna menunjang gaya sehari-harimu. Kain rajut banyak ditemui ketika sedang thrifting, tapi tahukah kamu cara mencuci baju thrift yang aman? simak baik-baik yuk.

Meski awalnya kain rajut banyak diproduksi di negara subtropics, lantaran kainnya yang tebal sehingga cocok untuk musim dingin maupun musim semi. Namun seiring berkembangnya teknologi, kini kain rajut juga cocok digunakan di negara tropis dengan kain yang jauh lebih tipis.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan bahan kain rajut yang bisa kamu cermati sebelum memutuskan untuk membeli produk ini

Kelebihan Bahan Rajut :

1. Teksturnya yang Lembut dan Nyaman di Kulit

Bahan rajut terbuat dari rajutan benang yang dibuat dari kapas sehingga terasa sangat lembut dan halus di permukaan kulit. Oleh karena itu bahan rajut dapat digunakan oleh semua kalangan umur, dari muda hingga tua. Bahkan, anak kecil pun dapat menggunakan kain rajut karena tidak akan melukai kulit.

2. Lebih Tebal Ketimbang Kain Pada Umumnya

Kain rajut dibuat dari rajutan benang dengan ukuran tebal yang dirajut berlapis sehingga cenderung menghalangi masuknya udara ke permukaan kulit. Oleh karena itu ukurannya yang tebal, kain rajut sering dimanfaatkan sebagai pakaian penghangat di musim dingin seperti jaket, syal, mantel, bahkan topi rajut.Namun, kini juga sudah berkembang benang rajut dengan ukuran yang tidak terlalu tebal sehingga tidak begitu bermanfaat jika dimanfaatkan sebagai penghalau dingin.

Jika Anda memilih kain rajut yang dibuat dari benang lebih tipis ini, maka Anda pun tidak akan merasa kepanasan jika digunakan di iklim tropis Indonesia.

3. Lebih Lentur dan Elastis

Bahan rajut lebih fleksibel bahkan mudah ditarik. Oleh karena itu, Anda yang tidak senang mengenakan pakaian terlalu mepet sangat cocok memilih pakaian berbahan rajut. Pasalnya, bahan rajut akan cenderung melar dan tidak mepet di tubuh.

 

Kekurangan Bahan Rajut :

1. Rajut Berisiko Cepat Rusak

Meski dikatakan cepat rusak, namun sebenarnya hal ini berkaitan erat dengan kebiasaan dan cara Anda mencuci. Bahan rajut yang lembut cenderung mudah rusak dengan keluarnya benang-benang tipis apabila dicuci dengan cara yang salah. Oleh karena itu, tidak terlalu disarankan untuk menggunakan mesin cuci untuk membersihkan pakaian dari bahan rajut karena khawatir tersangkut dan rusak.

2. Sedikit Sulit untuk Dicuci

Apabila pakaian ataupun jaket berbahan rajut yang Anda miliki termasuk menggunakan benang yang tebal, maka mencucinya mungkin akan memerlukan lebih banyak usaha dan energi. Pasalnya, mencuci pakaian rajut tebal akan terasa sangat berat terutama setelah terkena air.

Anda disarankan untuk merendam jaket itu saja dengan sampo kemudian bilas dan jemur.

3. Perlu Perawatan Teliti

Masih berhubungan dengan poin pertama, sifat bahan rajut yang lebih gampang rusak membuatnya perlu perawatan teliti. Misalnya Anda tidak dapat sembarangan mencucinya agar benang-benang pada kain rajut tidak keluar.Menjemurnya jangan menggunakan teknis memeras dan Penyimpanan kainnya jangan digantung supaya tidak mudah melar karena sifat kainnya yang lentur dan elastis.

Pemilihan jenis deterjen yang tepat akan membantu Anda merawat bahan baju Rajut atau knit wear secara praktis. Salah satu cara terbaik merawat baju dengan bahan tersebut yaitu mencucinya dengan deterjen nonbio. Deterjen bio atau deterjen dengan enzim memang efektif untuk mengangkat berbagai jenis noda dari berbagai jenis kain, tetapi jangan sekali-kali menggunakannya pada bahan rajut. Kenapa?

Di dalam deterjen bio terdapat enzim yang “memakan” noda-noda berbasis protein (noda darah, keringat, makanan, dll). Sayangnya, serat wol/rajut juga terbuat dari protein sehingga akan hancur oleh deterjen bio. Gunakan deterjen nonbio seperti Rinso Deterjen Cair Anti Noda. Jika Anda menginginkan kelembutan dan wangi ekstra, Rinso Molto Deterjen Cair juga bisa menjadi pilihan yang bagus.

No comments

Don't Miss
Folknesia 2020 © all rights reserved
made with