Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengurangi Keringat Berlebihan dan Bau Tidak Sedap Saat Berolahraga


Tips Mengurangi Keringat Berlebihan dan Bau Tidak Sedap Saat Berolahraga

Di masa pandemi seperti sekarang ini, kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat semakin tumbuh. Banyak masyarakat yang memiliki pola hidup sehat dengan waktu yang tepat untuk olahraga seperti didalam rumah ataupun olahraga dengan bersepeda atau jogging di sekitaran komplek rumah. Tidak bisa dipungkiri bahwa olahraga akan mengeluarkan keringat dan jika kita tidak bisa mengatasinya keringat yang muncul saat olahraga dapat membuat bau badan. Namun tidak usah khawatir karena ada banyak cara untuk menghilangkan bau badan tidak sedap dan menyengat yang menyebabkan Anda menjadi tidak percaya diri :

1.     Menyeka keringat dengan segera dan sering
     Saat berolahraga tentunya keringat akan muncul dan jika tidak langsung menyeka keringat tersebut akan menumpuk dan bisa menyebabkan bakteri semakin banyak berkembang biak pada tubuh Anda. Sebab itu bila Anda berkeringat, segera seka keringat Anda agar tidak menumpuk pada kulit, dan seringlah melakukannya.

2.  . Gunakan Pakaian yang Nyaman dan Dapat Menyerap Keringat
       Menggunakan pakaian yang dapat menyerap keringat juga bisa dijadikan solusi. Gunakanlah pakaian dengan bahan kain yang mampu menyerap keringat dengan baik. Tujuannya agar bakteri tidak terus menempel pada tubuh. Pakaian dengan bahan katun dapat menyerap keringat dengan baik. Tapi ingatlah untuk mencuci pakaian dengan bersih setelah menggunakannya.

3.     Gunakan Sepatu Yang Tepat
     Sepatu juga merupakan hal yang penting untuk berolahraga. Maka untuk berolahraga jangan sampe salah dalam hal pemilihan sepatu. Carilah sepatu yang memiliki lubang untuk aliran keringat. Semakin cepat keringat menguap, makin berkurang waktu untuk bakteri penyebab bau itu beraksi. Cari pula kaus kaki yang dibuat khusus untuk olahraga, hindari yang berbahan tidak serap keringat.

4.     Rajin minum air putih
     Air mineral akan membantu proses berkeringat pada tubuh menjadi semakin lancar. Bila tubuh berkeringat dengan lancar, maka bakteri yang ada pada pori-pori kulit juga akan terbuang keluar dari tubuh. Biasakan untuk minum air putih setelah berolahraga.

5.     Mandi Setelah Berolahraga
     Cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih yang pertama tentunya adalah dengan mandi. Tetapi kapan Anda mandi usai olahraga adalah faktor penting. Keringat saja tak akan membuat Anda berbau, tetapi begitu berinteraksi dengan bakteri pada kulit, bau itu pun terjadi. Bakteri berlipat ganda dalam waktu 20 menit, jadi usai berolahraga akan lebih baik jika Anda mandi segera agar bakteri penyebab bau badan kan menjadi semakin berkembang biak tak terkendali. Mandi setelah berolahraga, tentunya akan efektif untuk membunuh bakteri penyebab bau badan. Setelah kamu mandi, segera keringkan tubuh dengan benar. Pastikan daerah yang berkeringat telah kering dengan sempurna.

6.     Gunakan Deodoran Sebelum Berolahraga
     Menggunakan deodorant sebelum berolahraga dapat meminimalisir air tak berbau (keringat) yang dikeluarkan oleh kelenjar ekrin untuk membantu tubuh tetap dingin. Tetapi kelenjar keringat lain yang perlu dikhawatirkan, yakni kelenjar apokrin, yang letaknya di ketiak, dekat selangkangan, dan payudara, yang mengeluarkan keringat plus makanan yang disukai bakteri. Maka dari itu penggunaan deodoran sebelum berolahraga dapat membantu bau tidak sedap dari keringat. Dan perlu diingat bahwa penggunaan deodoran ketiak harus dalam keadaan kering supaya tidak lembap dan bisa efektif untuk mengurangi bau badan saat berolahraga.

Ada berbagai produk deodorant yang bagus untuk keringat berlebih dengan antiperspirant yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Perlindungan yang ditawarkan juga mampu menjaga kesegaran tubuh dalam jangka waktu lama. Untuk Kamu yang memiliki masalah keringat berlebih, produk Rexona Invisible+Antibacterial All in One Roll On bisa menjadi pilihan. Selain dapat melawan keringat, deodorant ini juga mampu menjaga ketiakmu tetap kering selama 48 jam. Jangan biarkan keringat yang membuat bau badan saat berolahraga mengurangi rasa percaya dirimu.

Post a Comment for "Tips Mengurangi Keringat Berlebihan dan Bau Tidak Sedap Saat Berolahraga"