Responsive Ad Slot

Latest

latest

Trik agar Tetap Eksis di Media Sosial Sekaligus Hemat Kuota

2020/03/25

/ by Folknesia

Kuota internet bukan jadi penghalang seseorang untuk bisa tampil eksis di media sosial karena kini ada solusi untuk menghemat data saat online media sosial.

Kepengin terus eksis di media sosial tapi kepentok kuota? Eits, jangan sedih dulu karena kamu masih tetap bisa eksis di media sosial walau kuota pas-pasan. Yap, eksis di media sosial itu enggak perlu mahal, kok. Kamu juga enggak perlu jadi fakir Wi-Fi hanya untuk meng-update kehidupanmu di jejaring sosial.
Saat ini telah banyak perusahaan yang menghadirkan solusi untuk kamu yang ingin menghemat paket  data ketika online media sosial. Beberapa perusahaan mengatasinya dengan meluncurkan aplikasi terpisah dan adapula yang menawarkan opsi pengaturan tertentu.
Jadi, kamu tinggal beli paket internet kartu as telkomsel dan kamu sudah bisa online setiap saat. Nah, penasaran seperti apa solusi yang ditawarkan media sosial untuk membuat pengguna lebih hemat data? Simak informasinya berikut ini!
1.       Facebook Lite
Buat kamu yang hobi main Facebook, aplikasi Facebook Lite bisa jadi alternatifnya. Aplikasi satu ini bukan hanya menawarkan akses data yang lebih sedikit, tapi juga dapat menghemat memori perangkat ketimbang aplikasi Facebook standar.
Hal ini dimungkinkan karena penggunaan data oleh aplikasi ini lebih sedikit. Misalnya saja ketika ingin memutar video. Video tidak akan berjalan kalau kamu enggak menyalakannya. Selain itu, aplikasi ini juga bisa berfungsi walau kamu berada di wilayah yang susah sinyal sekali pun.
Namun, di balik keunggulannya tersebut, ada keterbatasan yang enggak bisa kamu hindari. Facebook Lite akan mengompres setiap gambar yang muncul. Selain itu, kamu juga enggak bisa menemukan fitur GIF di kolom komentar.
2.        Twitter Lite
Enggak jauh berbeda dengan Facebook Lite, Twitter Lite juga punya fungsi yang sama. Selain bisa menghemat data, aplikasi yang baru yang diperkenalkan Juni 2018 lalu ini juga mampu memuat informasi yang lebih cepat ketika koneksi lambat.
FYI, Twitter Lite menggunakan teknologi Progressive Web App yang dapat menghemat data hingga 70 persen dan 30 persen lebih cepat memuat konten. Tentunya hal ini jadi kabar baik untuk kamu yang hobi memantau trending topic di Twitter.
3.       Instagram
Siapa, sih, yang enggak punya Instagram di era digital seperti sekarang ini? Rasanya, enggak ada satu pun orang yang enggak punya Instagram. Layanan milik Facebook ini enggak dimungkiri telah menjadi salah satu aplikasi andalan untuk para kaum urban.
Namun juga perlu diketahui kalau aplikasi ini sangat menghabiskan internet lebih besar. Hal ini dikarenakan Instagram akan terus memuat foto baru di timeline secara berkala. Bahkan, proses tersebut akan terus berjalan walau aplikasi ini sedang enggak digunakan.
Meski begitu, kamu enggak perlu khawatir karena ada solusi mengatasi masalah tersebut. Kamu cukup mengubah pengaturan dengan membuka ‘Profile’, lalu pilih ‘Options’, pilih ‘Cellular Data use’, dan aktifika ‘Use Less Data’.
Nah, dengan begitu konten timeline enggak akan muncul secara otomatis, melainkan harus memerlukan persetujuanmu terlebih dahulu agar bisa ditampilkan. Namun ingat, ya, opsi ini hanya aktif saat ponsel kamu terhubung dengan jaringan seluler saja.
4.       Snapchat
Meski tak seheboh saat peluncurannya pertama kali, Snapchat masih cukup banyak digunakan para pengguna setianya. Nah, kalau enggak mau data terkuras saat online Snapchat, kamu bisa aktifkan Travel Mode pada aplikasi Snapchat.
Untuk mengaktifkannya, buka ‘Profile’, pilih ‘Settings’ dan ‘Additional Service’. Setelah itu, buka ‘Manage Preferences’ dan aktifkan ‘Travel Mode’. Opsi ini tak hanya menghemat data saja tapi juga menghemat daya baterai ponsel milikmu.
Itu dia tips dan trik agar tetap eksis di media sosial tanpa boros kuota internet. Selamat mencoba! 

No comments

Don't Miss
Folknesia 2020 © all rights reserved
made with