Responsive Ad Slot

Latest

latest

Tips Berwisata Pada saat SEA Games

2011/11/19

/ by Folknesia
Sepekan terakhir, masyarakat sering membicarakan mengenai topik SEA Games 2011. Berbagai macam pertandingan olahraga yang dilaksanakan di Palembang dan Jakarta menyulut nasionalisme masyarakat.
Apalagi, saat ini Indonesia menempati urutan pertama dengan perolehan medali emas terbanyak. Hal tersebut tampak dari animo masyarakat untuk menonton pertandingan berskala internasional ini. Menjelang akhir pekan, kegiatan menonton SEA Games 2011 bisa menjadi alternatif untuk menyegarkan pikiran sebelum menyambut pekan depan.
Menginjak hari kesembilan, SEA Games 2011 masih menyisakan beberapa pertandingan seru, antara lain final bulu tangkis, baseball, bola basket, catur, judo, sepak bola, dan futsal. Berikut beberapa tips untuk berwisata dengan menonton pertandingan SEA Games 2011.

Cari tempat pertandingan terdekat.
Banyak masyarakat yang menonton SEA Games 2011 selain karena tertarik pada event olahraga internasional, juga karena faktor jarak arena pertandingan yang dekat. Misalnya, beberapa mahasiswa dan masyarakat di sekitar Depok pekan lalu sengaja mendatangi Balairung Universitas Indonesia untuk melihat pertandingan anggar.
Di wilayah Jakarta dan sekitarnya, akhir pekan ini Anda bisa mendatangi Istora Senayan untuk menonton pertandingan bulu tangkis cabang perorangan. Selain itu, Anda juga bisa datang ke Kelapa Gading Sports Mall untuk menonton pertandingan basket.

Pilih pertandingan yang bukan favorit
Pertandingan seperti sepak bola dan bulu tangkis menjadi favorit penonton Indonesia untuk ajang SEA Games 2011. Jika Anda berniat menonton pertandingan favorit, bersiaplah kehabisan tiket. Oleh karena itu, Anda seharusnya membeli tiket jauh-jauh hari.
Jika Anda berniat menghabiskan akhir pekan bersama keluarga atau anak Anda, tak ada salahnya memilih pertandingan yang bukan favorit penonton Indonesia, seperti berkuda, polo air, dan sebagainya. Hal ini akan menjadi sarana belajar bagi si anak untuk mengetahui berbagai olahraga yang dipertandingkan.

Tonton pertandingan olahraga yang tidak Anda kenal
Misalnya, jika Anda penggemar bola basket dan biasa menonton pertandingan bola basket, cobalah melakukan sebaliknya. Pilih olahraga yang tidak Anda kenal dan tidak pernah Anda tonton secara langsung.
Atau, jika Anda belum pernah menonton pertandingan anggar, tontonlah aksi para atlet anggar. Hal ini akan memberikan sensasi tersendiri saat menonton dan pengalaman baru bagi Anda. 


Pertandingan Indonesia atau negara lain? Memang selalu lebih seru jika menonton pertandingan Indonesia melawan negara lain. Apalagi jika menonton bersama rombongan dan berada di antara suporter sesama orang Indonesia.
Namun, tak ada salahnya merasakan pengalaman berbeda dengan menonton pertandingan negara lain yang tak melibatkan atlet Indonesia. Suasana tentu terasa lebih sepi, tetapi Anda akan melihat dan bahkan dapat berkenalan dengan supporter dari negara-negara lain.

Ketahui jam pertandingan 
Pastikan Anda mengetahui jam pertandingan di arena yang Anda incar. Jangan sampai saat Anda tiba di sana, pertandingan malah sudah usai. Datang satu jam sebelumnya sehingga memudahkan Anda saat antre tiket maupun masuk ke arena.

Cari informasi mengenai pembelian tiket 
Tiket menjadi masalah yang cukup simpang-siur, awalnya para penonton dapat menonton pertandingan SEA Games secara gratis untuk berbagai cabang olahraga kecuali untuk pertandingan di hari Minggu.
Hanya saja, beberapa waktu lalu panitia penyelenggara SEA Games mulai menarik tiket masuk untuk para penonton meski pertandingan berlangsung di hari kerja. Khusus untuk pertandingan sepak bola di Gelora Senayan dikenakan tarif tiket Rp 25.000-Rp 500.000.
Ada beberapa website yang melayani pembelian tiket pertandingan sepak bola secara online. Namun, jika Anda ingin membeli tiket secara langsung, datang saja ke Gelora Bung Karno siang hari sebelum pertandingan. Siapkan makanan ringan dan minuman. Seolah-olah Anda akan berpiknik, bekali diri Anda dengan aneka camilan dan minuman. Selain itu, kudapan dan minuman bisa menemani saat Anda mengantre tiket atau beristirahat di sela pertandingan. Ingatlah untuk tidak membuang bungkusan makanan dan minuman secara sembarangan.
Berburu suvenir SEA Games 2011. Selain membantu pedagang sekitar arena, suvenir bisa menjadi kenang-kenangan tersendiri. Maskot SEA Games 2011 tahun ini adalah Modo-Modi, sepasang boneka Komodo yang identik dengan Indonesia. Boneka Modo-Modi ini dapat dibeli di sekitar arena pertandingan SEA Games dengan variasi harga yang beragam, mulai dari Rp 35.000 hingga jutaan rupiah.
Selain boneka Modo-Modi, Anda juga bisa membeli berbagai suvenir cantik yang bertemakan SEA Games 2011. Selain itu, ada juga berbagai kerajinan khas Palembang yang unik sebagai bagian dari promosi industri kreatif tuan rumah SEA Games berupa kain songket, tas, hiasan dinding, dan masih banyak lagi.   


sumber

No comments

Don't Miss
Folknesia 2020 © all rights reserved
made with