Responsive Ad Slot

Latest

latest

9 Hal yang Harus Diterapkan untuk Kesuksesan Karir

2011/10/27

/ by Folknesia
Kesuksesan dalam karir, bukanlah sesuatu yang bisa didapatkan dalam waktu singkat dan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu ketekunan, ketelatenan dan dedikasi tinggi terhadap pekerjaan.

Selain itu, masih ada sembilan hal lagi yang perlu Anda terapkan agar karir semakin cemerlang dan mengantar Anda menjadi orang yang lebih berkualitas. Simak tipsnya berikut ini.

1. Berani bicara
Seperti dilansir She Knows, berani mengutarakan ide atau kritik di kantor perlu dilakukan. Jangan takut Anda tidak didengar. Terkadang Anda harus lebih keras dan sering dalam menyuarakan suatu hal agar mendapatkan sebuah respon. Namun jangan selalu melontarkan komplain setiap waktu, Anda bisa dicap tukang mengeluh. Hanya bersuara jika ada kebijakan atau peraturan kantor yang sekiranya akan sangat merugikan Anda.

2. Menimba Ilmu dari Senior
Pilihlah panutan di bidang profesi Anda yang bisa dijadikan contoh. Cari tahu tentang tantangan untuk mencapai keberhasilan dari pengalaman mereka, dengan begitu Anda akan mendapatkan pencerahan dan pembelajaran.

3. Berpartisipasi Dalam Proyek Penting
Jangan ragu untuk mengikutsertakan diri dalam proyek-proyek penting. Jika Anda aktif dalam pekerjaan, maka Anda akan lebih dikenal dan dipandang oleh rekan kerja lainnya.

4. Percaya Diri
Anda harus merasa nyaman dengan diri sendiri dan terus mengembangkan keahlian Anda. Dengan memiliki sikap percaya diri, Anda akan lebih siap untuk menerima tantangan kerja.

5. Tak Mudah Putus Asa
Kegagalan dan kemunduran prestasi dalam dunia kerja merupakan hal yang wajar. Jangan pernah putus asa karena hal itu. Jadikan kegagalan sebagai tantangan untuk kesuksesan yang lebih besar dan terus gali potensi diri.

6. Tetapkan Target
Lakukan tugas-tugas yang membawa keuntungan untuk perusahaan dan tingkatkan efisiensi di tempat kerja. Susunlah target harian, mingguan, bulanan dan tahunan untuk karir dan pekerjaan Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menentukan tujuan dan menggapainya. Kalaupun ada target-target yang tidak tercapai, jangan berkecil hati. Toh ini hanya perencanaan target, dan bisa Anda penuhi di tahun berikutnya dengan lebih serius.

7. Hindari Gosip
Menurut Rachel Weingarten, penulis buku 'Career and Corporate Cool: How to Look, Dress and Act the Part at Every Stage of Your Career' seperti dikutip dari Shine, hobi bergosip ternyata berisiko besar membuat karir Anda hancur.

Pertama, reputasi Anda menjadi buruk. Mendapat cap sebagai tukang gosip akan menjatuhkan citra anda di depan orang lain, dan akan berakibat buruk bagi perkembangan karier Anda. Selanjutnya secara otomatis, rekan kerja akan menjauh. Kepercayaan mereka terhadap Anda akan luntur. Setelah itu, ritme dan produktivitas Anda mulai terganggu. Tidak perlu waktu lama bagi atasan untuk melihat sesuatu yang salah pada diri Anda.

8. Tenang Menghadapi Masalah
Terkadang masalah kecil bisa membuat Anda panik. Belajarlah untuk bersikap lebih tenang, dengan begitu Anda lebih bisa mengatasi setiap masalah meskipun yang berat sekalipun.

9. Mau Membantu Rekan Kerja
Jangan ragu untuk selalu bersedia membantu pekerjaan karyawan lainnya. Tapi ingat, hanya sekedar membantu bukan bertanggung jawab sepenuhnya. Anda tetap harus fokus terhadap pekerjaan inti Anda. Sikap ini bagus untuk karir Anda. Atasan Anda akan melihat bahwa Anda dapat bekerja dalam tim.



sumber: http://www.wolipop.com/read/2011/10/27/130826/1753920/1133/9-hal-yang-harus-diterapkan-untuk-kesuksesan-karir

No comments

Don't Miss
Folknesia 2020 © all rights reserved
made with