Responsive Ad Slot

Latest

latest

4 Alasan Mengapa Anda Butuh Waktu 'Menyendiri'

2011/10/03

/ by Folknesia
Dok. zc-secret.blogspot.com

1. Untuk Menenangkan Pikiran
Salah satu alasan utama mengapa waktu sendiri sangat penting adalah karena memberikan Anda waktu untuk menenangkan pikiran. Mengerjakan segala tugas rumah tangga, pekerjaan, melayani suami dan anak benar-benar bisa menguras seluruh energi serta membuat Anda selalu merasa letih.

Oleh karena itu, usahakanlah memiliki waktu untuk diri sendiri di tengah segala kesibukan. Isi waktu tersebut dengan melakukan hal yang Anda suka, seperti menulis di blog, membaca buku atau hanya sekadar berjalan-jalan. Anda juga bisa melakukan yoga di rumah dan menonton film di bioskop sendirian.

"Kesunyian ini memiliki dua tujuan penting; pertama, membuat ibu lebih tenang setelah menghadapi segala 'keramaian' dalam hidupnya, sehingga mereka bisa lebih fresh. Momen itu juga bisa membuat sistem syaraf tidak tegang lagi. Kedua, kesunyian bisa membuat ibu rehat sebentar dari kesibukan melayani orang lain," ujar dr. Meg Meeker, penulis 'The 10 Habits of Happy Mothers: Reclaiming Our Passion, Purpose and Sanity'.

2. Untuk Mengatur Rencana & Prioritas
Akan sangat sulit untuk bisa mengatur perencanaan dan memprioritaskan segala sesuatu saat Anda terus bersama orang lain, baik pasangan, anak, atau rekan kerja. Meluangkan waktu di awal minggu bisa membantu Anda untuk membuat daftar pekerjaan yang harus dilakukan. Semakin terorganisir Anda di awal minggu, semakin baik pula suasana hati Anda secara keseluruhan.

3. Untuk Melakukan Apa yang Anda Suka
Ketika pasangan sudah merasa nyaman satu sama lain, beberapa hal sederhana dalam kehidupan seringkali menjadi tak penting. Milikilah waktu untuk diri sendiri, misalnya dengan melakukan hal yang Anda suka seperti berkebun, berbelanja atau menonton pagelaran seni. Tetap melakukan hal yang Anda senangi tanpa pasangan, bisa membuat pasangan terus mendamba kehadiran Anda.

"Orang-orang menghabiskan waktunya untuk mencari atau memelihara hubungan satu dengan yang lainnya. Padahal untuk memiliki hubungan yang baik dengan orang lain, Anda perlu memiliki hubungan yang baik terlebih dahulu dengan diri sendiri. Bagaimana caranya untuk memiliki hubungan yang baik dengan diri sendiri? Anda harus meluangkan waktu untuk sendiri," ujar psikoterapis, Phillip Hodson dari Asosiasi Konseling dan Psikoterapi Inggris.

4. Untuk Fokus Pada Tujuan Anda
Saat menikah, penting bagi Anda dan pasangan untuk memiliki tujuan bersama. Ini merupakan salah satu cara untuk menjaga hubungan pernikahan tetap kuat. Tetapi mungkin Anda juga memiliki beberapa ambisi yang tidak melibatkan pasangan. Misalnya, ingin mendapatkan promosi pekerjaan atau sekedar menurunkan berat badan. Apapun tujuannya, Anda membutuhkan waktu sendiri agar bisa mewujudkan hal tersebut. Tak dipungkiri, Anda juga membutuhkan dukungan dari pasangan, namun Anda juga membutuhkan waktu untuk merencanakannya tanpa gangguan.

No comments

Don't Miss
Folknesia 2020 © all rights reserved
made with