Responsive Ad Slot

Latest

latest

Ketuk Mata Redam Stres

2011/09/17

/ by Folknesia

Ilustrasi

 Meredam emosi bukanlah perihal mudah. Jika tidak cukup dengan menarik napas panjang berkali-kali, mungkin saatnya Anda mencoba teknik tapping.
Ahli urologi yang juga mempelajari hipnoterapi dari Rumah Sakit Kanker Dharmais dr. Rachmat Budi Santoso mengungkapkan bahwa tapping atau mengetuk-ngetuk secara teratur di titik-titik meridien utama dapat membantu seseorang merasa lebih rileks.
Ia menyebutkan tubuh memiliki 12 titik dari ujung jari sampai ujung kepala, di mana semua itu membentuk peta yang terekam di otak.
Saat seseorang merasakan emosi, entah itu bahagia, sedih, kecewa, marah dan sebagainya, ada sebuah bayangan yang muncul di pikiran. Bayangan ini layaknya film yang berputar terus menerus.
Setiap kali bayangan itu terputar, secara otomatis juga akan menimbulkan perasaan tertentu. Parahnya, kalau yang terputar itu emosi negatif, maka perasaan yang timbul juga negatif.
"Waktu kita mengetuk-ngetuk saraf di atas mata, bayangan yang muncul akan tersendat-sendat dan intensitasnya juga menurun," jelasnya.
dr. Santo menjelaskan caranya, yakni ketuk-ketuk secara bertahap bagian di atas mata, kemudian ke sisi sebelah mata, bawah mata, atas bibir, dagu, lalu ke tulang selangka, bagian paling bawah telapak tangan yang terletak dibawah jempol dan berlanjut ke luar telapak tangan.
Untuk setiap bagian ketuk-ketuk beberapa kali sebelum berpindah ke bagian lainnya.
"Untuk beberapa orang mungkin efeknya bisa terasa sejak pertama kali percobaan, tetapi ada juga yang baru merasakan setelah beberapa kali mencoba dan terbiasa," katanya.
Selain meredam emosi, teknik ini juga dianggap bagus untuk mengendalikan stres karena pekerjaan atau dikejar deadline. Ditambah mudah dipelajari dan bisa dilakukan dimana saja.

No comments

Don't Miss
Folknesia 2020 © all rights reserved
made with