Responsive Ad Slot

Latest

latest

5 Trik Menghadapi Bos 'Drama Queen' di Kantor

2011/09/21

/ by Folknesia
Dok. ZC-SECRET | Sesuatu Banget

Apakah Anda memiliki bos wanita yang selalu bikin frustasi dan menyerap energi Anda baik fisik dan mental? Ia juga merasa dunia hanyalah seputar dirinya, merasa tidak pernah salah dan jika Anda memasuki area nyamannya, ia akan bertingkah bak seorang ratu. Ia adalah sang 'drama queen' atau ratu drama di kantor.

Kaley Klemp dan Jim Warner, penulis buku The Drama Free Office, menuturkan kepada SheKnows, bagaimana cara menghadapi sang drama queen yang menyebalkan ini. Selain bisa mengubahnya sedikit, setidaknya Anda bisa menciptakan suasana kerja yang lebih positif saat dirinya berada di dekat Anda.

1. Membina Hubungan Baik
Menghadapi langsung sang drama queen merupakan hal yang berisiko. Bisa-bisa Anda dilontarkan ucapan yang tidak mengenakkan olehnya. Segala bentuk kritik entah itu baik atau buruk, baginya menjadi ancaman baginya. Oleh karena itu, bangunlah hubungan yang baik dengan dirinya. Hal ini membantu Anda lebih dipercaya sebelum memulai obrolan yang berat. Amati perilaku, sikap dan kemampuannya dalam menerima kritik.

Tips: Tunjukkan dukungan dan kepercayaan kepadanya, terutama di masa sulit. Ratu drama dikenal akan tenang jika dikeliligi teman yang setia dan mendukungnya.

2. Perjelas Harapan Anda
Drama Queen memiliki satu tabiat khusus, yakni ia tidak pintar mendelegasikan pekerjaan. Ia selalu memberi instruksi yang kurang jelas dan nantinya Anda akan disalahkan. Ia berpikir Anda tahu apa yang Anda kerjakan dan sesuai ekspektasinya. Jangan pernah lepas tangan, bertanyalah dan ajak ia bicara dengan jelas. Ia akan senang diajak berbicara, dan cenderung menjadi musuh jika Anda tidak berkomunikasi dengannya.

Tips: Tanya dengan jelas segala perjanjian, tugas, tenggat waktu hingga daftar pekerjaan yang diberikannya.

3. Hasil yang Baik
Seorang drama queen akan meledak saat dirinya mengetahui ada deadline yang belum terselesaikan atau hal lain yang membuat dirinya buruk di mata orang lain/perusahaan. Ia ingin Anda bekerja dengan baik sehingga dirinya tetap mendapat tanggapan positif. Dengan memberikan hasil yang sesuai harapan, Anda dan dia bisa menjadi tim yang baik pula.

Tips: Buatlah ia terlihat baik di mata orang lain. Jadikan ia bersinar jika perlu. Hal ini akan membuat Anda menjadi prioritas sekaligus orang kepercayaannya.

4. Hargai Tindak Tanduknya
Pujilah dirinya atas segala hal positif yang dilakukannya dalam memajukan perusahaan; entah itu efisiensi, kreativitas maupun tindakan cermat. Ia adalah tipe orang yang sensitif akan pujian yang palsu dan tidak. Sampaikan pujian dengan rasa tulus dan tidak dibuat-buat. Jangan memujinya jika Anda memang tidak berniat melakukannya.

Tips: Pujilah hal yang cukup besar nilainya. Melakukannya di depan orang banyak tanpa kesan berlebihan adalah kuncinya.

5. Tetap di Bawah Pantauannya
Beberapa drama queen memang dikaruniai dengan rasa sensitif yang aneh. Mereka sensitif jika ada hal yang menyangkut dirinya, namun ia tidak perduli sama sekali dengan perasaan atau kemajuan orang lain. Jika keempat poin di atas tidak ada yang berhasil untuk merebut hatinya, lakukan hal ini.

Tetap bekerja seperti biasa namun buatlah ia tetap bisa mengamati atau memonitor Anda dengan baik. Dengan demikian, Anda bukan menjadi ancaman di matanya. Anda bisa saja langsung menghampirinya memohon kenaikan gaji maupun jabatan, namun hal ini bisa berisiko. Tetap profesional dan sampaikan segalanya dengan penuh rasa sopan dan hormat.

Tips: Ketimbang menjadi musuhnya, buatlah diri Anda netral dengan melakukan segala kewajiban kantor dengan baik. Dengan menunaikan tugas dengan baik, Anda bisa saja menarik perhatiannya secara perlahan dan menjadi orang yang dipercayainya.

detik.com

No comments

Don't Miss
Folknesia 2020 © all rights reserved
made with