Responsive Ad Slot

Latest

latest

Banyak Gula Bersembunyi di Sekitar Kita

2011/08/24

/ by Folknesia
Konsumsi gula berlebih memiliki banyak dampak buruk bagi tubuh. Selain diabetes, kelebihan gula juga dapat menyebabkan turunnya imunitas tubuh, 
terganggunya komposisi mineral tubuh, meningkatnya kadar kolesterol jahat dan trigliserida, menyebabkan hipoglikemia reaktif, memperlemah penglihatan, peningkatan resiko penyakit pencernaan, penuaan dini, obesitas dan masih banyak lagi. Gula berlebih juga akan menyebabkan candu, ketagihan terus menerus. Untuk itu, kita harus mengetahui makanan apa saja yang banyak mengandung gula di sekitar kita. Semata-mata untuk kesehatan kita semua.

Berikut beberapa makanan yang dianggap sehat tapi justru banyak mengandung gula:
1. Buah Potong.
Saat bulan puasa ini banyak kita temui pedagang buah-buahan potong, yaitu pepaya, melon, semangka, nanas dan jambu. Sekilas tampak higienis dan menyegarkan, apalagi dipajang dengan penataan rapi di atas batu es. Namun terkadang sebagian pedagang "iseng" untuk menambahkan gula agar rasanya semakin manis, terutama bagi buah-buahan belum masak yang dijualnya. Padahal buah sendiri sudah mengandung gula yang dikenal dengan nama Fruktosa. Solusinya, beli buah yang masih utuh dan potong sendiri.

2. Yoghurt Campur Madu.
Yoghurt sangat bagus untuk pencernaan, karena selain terbuat dari susu/ buah-buahan juga mengandung probiotik. Tapi jika ditambah madu, apalagi bukan madu murni melainkan madu kemasan yang tidak asli lagi karena sudah dicampur banyak gula cair, maka kandungan gulanya akan meningkat. Solusinya, konsumsi yoghurt sebaiknya terpisah dari madu, sirup atau cairan mengandung gula lainnya.

3. Popcorn.
Siapa yang akan melewatkan nonton Transformer4 atau Kungfu Panda2 di bioskop tanpa ngemil Popcorn? Padahal, 1 cup popcorn baik yang asin maupun karamel itu mengandung kadar gula yang sangat besar, sekitar 16 gram gula. Itu hampir setengah kebutuhan gula per hari. Sebaiknya dihindari! Solusinya, cari camilan sehat seperti kacang-kacangan atau salad.

4. Jus Jeruk.
Jus buah memang kaya akan serat, vitamin serta antioksidan, tapi jus jeruk diketahui mengandung gula lebih tinggi dibanding jus lainnya terlebih jika ditambah gula saat membuatnya. Solusinya, buat jus jeruk tanpa perlu ditambah gula atau sirup lagi.

5. Buah/ Sayur Kalengan.
Buah/ Sayur kalengan, baik itu manisan maupun bahan dasar masakan seperti puding, sup, salad dan lainnya sudah banyak mengandung gula. Karenanya untuk pengolahan sedapat mungkin tidak ditambahi gula. Karena bila dilakukan maka kadar gulanya akan melejit di atas kebutuhan tubuh per hari. Solusinya, beli saja buah dan sayur segar, masak di hari yang sama saat dibeli, lebih sehat.

6. Minuman dalam Kemasan.
Minuman dalam kemasan memiliki kadar gula yang tinggi, baik minuman berkarbonat/ soda, sari buah, susu/ teh/ kopi. Apalagi bila minuman berenergi/ multivitamin/ suplemen. Bila kita tidak sedang dalam perjalanan yang mengharuskan membawa bekal minuman praktis, sebaiknya buat saja minuman langsung sesaat sebelum diminum. Karena minuman dalam kemasan menakar gula dengan rasa manis tertinggi, padahal penikmatnya memiliki lidah berbeda, ada yang suka gula ada yang tidak.

Ok, itulah makanan-makanan yang banyak mengandung gula di sekitar kita. Masih banyak yang masih bersembunyi, tapi setidaknya kita bisa mewaspadai yang telah kita ketahui. Semoga bermanfaat.

sumber:http://doktermerry.blogspot.com/2011/08/banyak-gula-bersembunyi-di-sekitar-kita.html

3 comments

kang bowo said...

hehe ane pertamax gan!!

Folknesia said...

:))

Cek Info said...

yg no. 6 sy baru tahu makasi y shareny :D

Don't Miss
Folknesia 2020 © all rights reserved
made with